Sedekah LAZBKB

Apa itu Sedekah?

Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya pada Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 245.

“Barang siapa yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya dijalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (QS Al Baqarah 2: 245)

Ayat tersebut menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan atau menyisihkan uang di jalan Allah SWT. Memberi sedekah kepada fakir miskin, kerabat, atau orang lain yang dilakukan hanya untuk mengharap ridha Allah maka akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, baik di dunia maupun di akhirat.

Menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat dengan tujuan untuk kemaslahatan umum.

Apa saja Keutamaan Sedekah?

1. Sedekah Tidak Mengurangi Harta 

“Sedekah adalah ibadah yang tidak akan mengurangi harta, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda untuk mengingatkan kita dalam sebuah riwayat Muslim, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). Mengapa sedekah tidak akan mengurangi harta? Karena meskipun secara tersurat harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan ditutup dengan pahala di sisi Allah SWT dan akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak. Hal ini merupakan janji Allah yang termaktub dalam surat Saba “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

2. Sedekah Menghapus Dosa

Sebagai makhluk Allah SWT yang tak luput dari dosa, umat Islam senantiasa diberikan berbagai keistimewaan agar berkesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang yang diridhai oleh Nya. Salah satunya dengan sedekah.

Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

3. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Sedekah memberikan banyak keistimewaan kepada pelakunya, salah satu diantaranya adalah Allah SWT akan memberikan pahala yang banyak untuk orang yang bersedekah. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18).

Apa saja bentuk sedekah?

Untuk macam-macam sedekah berikut ini ada beberapa jenis sedekah yang bisa kita amalkan sehari-hari:

1. Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

Seperti diriwayatkan dari Bunda Aisyah r.a, bahwasanya Rasulullah SAW. Berkata, “Bahwasanya diciptakan dari setiap anak cucu Adam tiga ratus enam puluh persendian. Maka barangsiapa yang bertakbir, bertahmid, bertasbih, beristighfar, menyingkirkan batu, duri, atau tulang dari jalanan, amar ma’ruf nahi munkar, maka akan dihitung sejumlah tiga ratus enam puluh persendian. Dan ia sedang berjalan pada hari itu, sedangkan ia dibebaskan dirinya dari api neraka.” (HR. Muslim).

2. Memberi Nafkah pada Sanak Keluarga dan Orang yang sangat membutuhkan.

Sebagaimana diungkapkan dalam sebuah hadits: Dari Al-Miqdan bin Ma’di Karib Al-Zubaidi ra, dari Rasulullah saw. Berkata, “Tidaklah ada satu pekerjaan yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang daripada pekerjaan yang dilakukan dari tangannya sendiri. Dan tidaklah seseorang menafkahkan hartanya terhadap diri, keluarga, anak dan pembantunya melainkan akan menjadi shadaqah.” (HR. Ibnu Majah).

3. Sedekah Harta (Materi)

Bahwasannya sedekah tidaklah mengurangi harta. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim). Meskipun secara bentuk harta tersebut berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala di sisi Allah dan akan terus ditambah dengan kelipatan yang amat banyak seperti dalam firman Allah dalam Surah Saba: “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Bagaimana caranya jika ingin menunaikan sedekah?

Sedekah dapat dibayarkan melalui Amil, yaitu lembaga yang diberi amanah untuk mengumpulkan, mendata, membukukan, mengelola zakat infaq dan sedekah dan menyalurkannya kepada yang berhak.

Amil diangkat dan memperoleh ijin resmi dari pemerintah berupa sertifikat Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah.

Lembaga Amil Zakat infaq shadaqah YBKB telah mendapat lisensi dari Kementrian Agama RI sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam mengumpulkan, mendistribusikan dan mendayagunakan zakat, infaq, shadaqah dan dana sosial dan keagamaan, sebagaimana tertuang pada SK Dirjen Bimas Islam No. 884 tahun 2019.

Bagaimana Hukum Membayar Sedekah secara Online?

Dari penjelasan beberapa tokoh ulama di atas dapat disimpulkan bahwa hukum membayarkan Sedekah secara online adalah boleh dan sah. Islam dan segala ketentuannya berlaku sejak dahulu sampai akhir zaman nantinya, artinya selama prinsip-prinsip berzakat tetap terpenuhi, teknis pelaksanaannya akan selalu mengikuti perkembangan dimana kita berada saat ini.

Sedekah Online di LAZBKB

MITRA LAZ BKB

KONTAK LAZ BKB

Mulai Berbagi Hari Ini Untuk Mambantu Yang Membutuhkan

Donasi di LAZBKB

Donasikan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Fidyah Anda bersama Yayasan LAZBKB

Kontak Kami

Jalan raya tengah no 22 RT 008/008 gedong pasar rebo Jakarta timur 13760