Zakat Maal LAZBKB

Apa itu Zakat Maal?

Maal berasal dari kata bahasa Arab artinya harta atau kekayaan (al-amwal, jamak dari kata maal) adalah “segala hal yang diinginkan manusia untuk disimpan dan dimiliki” (Lisan ul-Arab). Menurut Islam sendiri, harta merupakan sesuatu yang boleh atau dapat dimiliki dan digunakan (dimanfaatkan) sesuai kebutuhannya.

Oleh karena itu dalam pengertiannya, zakat maal berarti zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, yang secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Sebagai contoh, zakat maal terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.

Apa saja jenis Zakat Maal?

Dijelaskan di dalam UU No 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, Peraturan Menteri Agama No 52 Tahun 2014 yang telah diubah dua kali dengan perubahan kedua adalah Peraturan Menteri Agama No 31/2019, zakat maal meliputi;

  1. Zakat Perdagangan (UMKM) yakni penghasilan yg diperoleh dari berniaga atau berdagang maka zakatnya 2,5%.
  2. Zakat Pertanian yakni penghasilan yg mencapai Nishab 520kg Beras jika yg dihasilkan makanan pokok, Kadar zakat jika di airi dengan air hujan, sungai, atau mata air maka zakatnya 10%.Jika diairi melalui alat atau sistem irigasi maka zakatnya 5%
  3. Zakat Hewan Ternak yakni penghasilan dari beternak Sapi, kerbau, kambing domba yg nilai zakatnya dihitung melalui jumlah hewan ternaknya, sedangkan unggas seperti ayam, bebek dan ikan dihitung keuntungannya selama setahun lebih dari setara 85 gram emas murni maka nilai zakatnya 2,5%
  4. Zakat Emas dan Perak yakni Emas yg dimiliki lebih dari 1 tahun dan mencapai Nishab 85 gram ataupun Perak yg mencapai Nishab 595 gram maka Zakat nya 2,5%.
  5. Zakat Profesi (Karyawan) Nishabnya setara 520 kilogram beras (atau Rp 5,200,000 per bulan) maka Zakat nya 2,5% dari jumlah penghasilan yang diterimanya. (pembayaran zakat dapat dilakukan saat menerima penghasilan atau di akumulasi selama 1 tahun)
  6. Zakat Investasi yakni penghasilan dari menyewakan bangunan, kendaraan atau lainnya, dihitung dari penghasilan yang diterima. Zakatnya 5% dari penghasilan kotor dan Zakatnya 10% dari penghasilan bersih. 
  7. Zakat Tabungan yakni uang yg disimpan lebih dari 1 tahun, atau nilainya setara 85 gram emas maka Zakatnya 2,5%.
  8. Zakat Rikaz yakni setiap penemuan harta dari dalam tanah selama bertahun-tahun atau Rikaz berupa emas dan perak yg tidak diketahui lg siapa pemiliknya maka Zakatnya 20%.

Apa saja Syarat dalam Zakat Mal?

Harta yang dikenai zakat harus memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Syarat harta yang dikenakan zakat mal sebagai berikut:

  1. Kepemilikan pribadi dan dapat dipertanggungjawabkan
  2. HALAL
  3. Cukup NISAB, adalah ukuran terbawah harta yang telah wajib zakat.
  4. HAUL, bahwa harta tersebut sudah menjadi milik pribadi selama 1 tahun
  5. Bebas dari hutang

Syarat haul tidak berlaku untuk zakat pertanian, perkebunan dan kehutanan, perikanan, Investasi, serta rikaz. Zakat wajib dibayarkan pada saat menerima hasilnya (panen).

LAZ Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ BKB) menyalurkan zakat Maal dalam berbagai bentuk program dengan misi meningkatkan pendidikan para mustahik, termasuk keluarga rentan yang mengalami kesulitan akibat dampak pandemi Covid-19, kemudian secara berkelanjutan diberikan pendampingan dan program lanjutan agar mereka dapat mencapai kemandirian dan peningkatan kesejahteraan.

Bagaimana Hukum Membayar Zakat secara Online?

Dari penjelasan beberapa tokoh ulama di atas dapat disimpulkan bahwa hukum membayarkan zakat Maal secara online adalah boleh dan sah. Islam dan segala ketentuannya berlaku sejak dahulu sampai akhir zaman nantinya, artinya selama prinsip-prinsip berzakat tetap terpenuhi, teknis pelaksanaannya akan selalu mengikuti perkembangan dimana kita berada saat ini.

Zakat Fitrah Maal di LAZBKB

MITRA LAZ BKB

KONTAK LAZ BKB

Mulai Berbagi Hari Ini Untuk Mambantu Yang Membutuhkan

Donasi di LAZBKB

Donasikan Zakat, Infaq, Sedekah, dan Fidyah Anda bersama Yayasan LAZBKB

Kontak Kami

Jalan raya tengah no 22 RT 008/008 gedong pasar rebo Jakarta timur 13760